Senin, 15 Februari 2010

Mari galakan pengunaan produk dalam Negeri

Mari kita galakan mengunakan produk dalam Negeri utk meningkatkan kemakmurkan Negeri ini .

Seperti kita ketahui , masih banyak orang Indonesia yg mengunakan produk Luar Negeri , padahal produk Indonesia sebagian saat ini tidak kalah bersaing dengan produk luar Negeri , bahkan produk Indonesia saat ini sdh banyak di export keberbagai Negara.

Ini salah satu pengalaman teman saya yg pernah bekerja di Negara Korea Selatan di Salah satu Pabrik disana , ia mengatakan bahwa banyak orang korea disana yg mencintai produk dlm negerinya dari pada produk luar negeri , sehingga ini membuat Negara Mereka menjadi kuat dan bebas dari Krisis Global .

Beda dengan rakyat Indonesia , lebih banyak mengunakan produk luar Negeri dibandingkan dgn produk Luar Negeri , akibatnya pada tahun 1998 Indonesia menjadi Negara salah satu yg terkena dampak krisis yg cukup parah sehingga beberapa Bank bank besar di tutup pada tahun tersebut .

Kita juga tidak bisa menyalahkan para konsumen atau masyarakat menggunakan produk Luar Negeri karena pada waktu itu banyak sekali produk Indonesia banyak yg tdk mementingkan kualitas , yg penting murah dan bisa menciptakan kuantitas yg banyak dalam memproduksinya untuk mendapatkan keuntungan yg sebanyak - banyaknya .

Akan tetapi setelah beberapa lama , masyarakat merasa kecewa dan truma dgn kualitas sebagian produk Indonesia , sehingga banyak yg beralih ke produk luar Negeri yg kualitasnya jauh lebih bagus dari produk dalam Negeri .

Untuk itu , kepada para produksen atau pabrik - pabrik dalam Negeri , sudah seharusnya berbenah diri untuk memperbaiki kualitasnya , sehingga mendapat kepercayaan lagi dari Masyarakat . Produk yg berkualitas umumnya akan mendapat tempat dihati masyarakat dan bertahan lama dipasaran dibandingkan produk murah yg tdk berkualitas tapi murah umumnya hanya bertahan beberapa bulan saja.

Ini ada cerita beneran , Famili saya yg kebetulan jalan - jalan ke luar Negeri ke Penang Malaysia dan membeli sepatu untuk anaknya , dan dipakai untuk perayaan Imlek , pas di hari raya Imlek pertama berkumpul ke Rumah Orang tua kami , dan lihatnya ternyata sepatunya sama dengan sepatu yg dibeli kakaknya utk anaknya di salah satu pajak /pasar , dan mereknya juga sama dan harganya lebih murah sekitar puluhan ribu . ternyata ini juga produk dalam negeri yg di export ke luar negeri dan dibeli kembali oleh masyarakat kita . ternyata produk kita juga sudah diakui juga oleh negara lain .


Beberapa Produk dalam Negeri yg berkualitas dan bisa bersaing dengan produk luar Negeri saat ini ada produk Maspion , Produk Sepatu Eagle , Produk pakaian Hammer, Produk Batik , Produk pakaian X8 , Produk Obat Bodrex, Pasta gigi & sikat gigi Pepsodent , produk sabun Lifeboy , Nuvo dll yg pantas mendapat ancungan jempol , yg bisa bertahan sampai saat ini .

Mari kita galakan pengunaan produk dalam Negeri utk memperkuat Bangsa Indonesia yg tercinta ini . Gunakan produk dalam Negeri yang ada , kecuali produk tersebut belum bisa diproduksi di dalam Negeri , umumnya produk dalam Negeri banyak juga yg lebih murah dibandingan produk luar Negeri .

Oleh : Peter Fang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar